Home » » Cara Merubah Sifat Pendiam dan Pemalu

Cara Merubah Sifat Pendiam dan Pemalu




Blog Tertunda - Halo Apa Kabar kalian semua ? Kali ini Blog Tertunda Akan Share Tips Kesehatan Untuk Kamu. Apakah Kamu Seorang yang pendiam ? atau pemalu dan tidak mau berbaur dengan orang ? tapi yang jelas sifat pendiam dan pemalu itu terkadang menyebalkan. Bahkan sebagian orang sampai enggan untuk berteman dengan mereka yang pendiam. Padahal sebenernya masih ada loh kelebihan dari seorang pendiam.
Tapi berhubung kita memiliki tuntutan sebagai mahluk sosial, mau tidak mau kita harus berubah. Kalau gak gitu, kita gak akan berkembang. Gak mungkin kan kita bisa melakukan segala sesuatu sendirian. Terlebih di jaman sekarang. Perusahaan memperkerjakan orang bukan dari intelektualnya aja, tapi dari segi kepribadian mereka juga. Dari cara mereka berargumen, berkomunikasi, semuanya jadi aspek penilaian. Kalau udah gini kita gak bisa terus-terusan pelihara sifat pendiam kita kan. Nah maka dari itu yukk ubah sifat pendiam kita. Gak harus merubah total, tapi paling tidak kita bisa belajar menjadi pribadi yg lebih baik lagi. Lalu gimana caranya?

1. Bersyukur

Semuanya berawal dari dalam diri sendiri dulu gan. Berawal dari apa yg kita fikirkan hingga apa yg akan kita lakukan. Kalau kita perhatikan, biasanya sifat pendiam dan pemalu itu dipicu karena kurangnya percaya diri. Karena merasa banyak kekurangan dari apa yang mereka pandang. Persepsi itulah yang harus kita hilangkan. Jangan selalu memandang ke atas, tp sesekali tengoklah ke bawah. Sejatinya tak ada manusia yang sempurna. Semua tercipta dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Syukurilah dengan apa yang sudah kita punya. Gunakan kelebihan yg telah Tuhan titipkan. Gali dan kembangkan potensi yang ada. Dengan begitu kita akan mendapatkan rasa percaya diri dan perlahan kita bisa melepas sifat pendiam dan pemalu didalam diri.

2. Cobalah Bertanya Kepada Orang Baru

Belajar bertanya ? Yaa, bagi orang yang bukan pemalu bertanya kepada orang baru bukanlah sebuah masalah besar. Tapi, keadaan berbeda dengan mereka yg pendiam & pemalu. Rata-rata dari mereka jarang sekali memulai pembicaraan atau sebuah pertanyaan lebih dulu. Sebab mereka yg pendiam biasanya terlalu berhati-hati dalam berbicara. Baginya lebih baik diam daripada salah kata.
Tapi mulai dari sekarang cobalah untuk memulai lebih dulu suatu percakapan. Sering-seringlah bertanya pada orang baru. Tapi ingat, bertanyanya jgn asal-asalan.  Dan pastikan bahwa kalian memiliki wawasan yg luas utk bisa menjawab balik setiap pertanyaan utk kalian. Lalu semuanya dibiasakan. Karena semua itu bisa karena terbiasa.

3. Jadikan Diri Kalian Berbeda

Berbeda disini bukan dalam artian jadi power ranger yah, Meskipun kalian memiliki sifat pendiam, tapi coba tunjukan sisi lebih dari seorang pendiam yg gak dimilik orang lain. Karena itu akan jadi nilai lebih buat kalian. Tunjukan kemampuan2 kalian. Lakukan apa yang orang lain gak bisa lakukan. Karena kalian tahu kalian begitu special.

4. Perluas Pertemanan

Well, Blog Tertunda paham banget perihal ini. Karena ts pun mengalami. Sulit rasanya utk membaur dengan sekitar. Apalagi untuk memperluas pertemanan. Tapi tenang semua punya caranya. 
Pertama kalian tahu kan bagaimana bersikap pada teman - teman sepermainan kalian. Nah buatlah demikian dengan teman baru kalian. Usahakan berteman dengan mereka yg memiliki sifat ceria & periang agar kalian bisa tertular.
Kemudian perhatikan bagaimana cara mereka menanggapi orang baru. Caranya berbicara, caranya berkawan. Setelah itu praktikan dan perbanyak jam terbang. Yakinlah dengan segala kemampuan yg telah kalian miliki, perlahan kalian bisa mengurangi sifat pendiam dan pemalu pada diri kalian

Ok Mungkin itu saja yang bisa Saya sampaikan pada post ini, semoga dengan apa yang sudah saya berikan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

0 komentar:

Donations